Thursday, October 13, 2011

Etika Profesi Kasir

Ada yang tidak tahu apa itu kasir? Tahu donk..
Ya, tiap hari kerjaannya adalah menghitung belanjaan pembeli dan menerima pembayarannya. Jadi, setiap hari ia berinteraksi dengan banyak pembeli. Dan, entahlah mengapa, kebanyakan kasir adalah perempuan atau wanita. Bahkan mungkin hampir semua kasir adalah wanita. Mengapa? Mengapa? Mengapa?

Lalu kau bertanya, "Apa masalahnya kalau kasir itu wanita?"

Itu dia. Kasir akan selalu bersentuhan dengan pembeli. Sedangkan pembeli itu tidak semuanya perempuan. Dan karena aku lelaki. Yang jadi masalah, bagiku, adalah ketika si kasir itu memberikan uang kembalian. Kadang kuanggap sebagai sikap seronoh bila si kasir tidak memperhatikan dirinya sendiri ketika ia memberikan uang kembalian. Akhirnya, bersentuhanlah kedua kulit. Bukan sok suci atau sok alimlah, tapi aku merasa ini masih berada di ranah etika. Janganlah dulu masuk dalam ranah hukum meski ia telah diatur suatu hukum.

Ketika berbicara tentang etika, dasar aturannya masihlah akal. Jika sudah masuk hukum, agama maupun lainnya, dasar aturannya ya sumber hukum itu.

Kalau secara hukum, terutama agama Islam, jelas; tidak boleh bersentuhan laki-laki dan perempuan di luar mahram. Namun, Indonesia ini negeri Pancasila; berketuhanan yang Maha Esa, beragam agamanya. Jadi, mari gunakan dulu etika dalam bergaul dan berinteraksi sesama manusia.

Aku kira ini bisa dilogika. Wanita dan pria harusnya memang tidak berinteraksi secara fisik, karena bisa memacu aktivitas biologis dalam tubuh manusia, apapun itu. Jujur sajalah. Apa adanya.

Bukan cuma kasir, ini berlaku bagi siapa saja. Aku memang menunjuk pada wanita, terutama yang terbiasa berlaku demikian. Jika bagi wanita itu tidak masalah, tidak membuatnya merasa tak terlindungi, tidak membuatnya menurun keasliannya karena sering terjamah, cobalah pikirkan lawan interaksi kalian. Kami, para lelaki, ingin menjaga keaslian, ketinggian, kemuliaan kalian wahai para calon ibu.

di kamar nomor 18, selepas bersepeda pagi.

No comments:

Post a Comment