Tuesday, October 18, 2011

Ilmu Bersamudera Luasnya, Mana yang Akan Kau Layari?

Adakah yang bisa memberi argumentasi kepadaku agar aku lebih serius lagi dalam belajar Advanced Accounting?


Di bumi ini ilmu demikian banyaknya, hingga tak mungkin waktu hidup kita mencukupi guna mempelajarinya. Tentu kita harus memilihnya; mendahulukan yang kiranya perlu. Lalu, apa itu?


Pertama, kita harus tahu ilmu apa yang paling kita butuhkan, yakni ilmu al-hal. Jadi, apa saja yang termasuk dalam ilmu yang kita butuhkan? Sebut saja, dari mulai yang terdasar sebagaimana kitab fiqih menempatkannya pada urutan terdepan, yakni ilmu thoharoh. ehm, ini untuk fiqih-nya sebagai contoh.

Mengapa thoharoh? Karena ilmu itu kita butuhkan untuk ibadah. Setelah thoharoh, termasuk dalam hal ini tentang najis, kita harusnya belajar tentang ibadah; rukun Islam (Syahadat, sholat, zakat, puasa, dan haji). Sangat banyak ilmu yang wajib kita pelajari berurut-urut sesuai tingkat kebutuhan dan kepentingan kita.

Lalu, seberapa penting Akuntansi Lanjutan hingga ia memakan waktu 3 sks dalam seminggu? Belum lagi Auditing, Audit Berbasis Komputer, Akuntansi Pemerintahan III, dan anak-beranak dari marga Akuntansi lainnya.

Tak salah memang, karena ilmu itu pun akan kugunakan saat kerja satu tahun lagi. InsyaAllah. Harapan kita, tentu saja, ilmu itu akan memberi manfaat bagi diri sendiri, keluarga, tetangga, bangsa, dan negara, yang semuanya tak lepas dari unsur agama Islam.

kamar no 18 Hasan Kos, sepulang kuliah Etika PNS.

No comments:

Post a Comment