Tuesday, November 1, 2011

Kalimat-kalimat Waktu

#Malam
Telah terselimuti manusia di dalamnya dalam berbagai bungkus dan rupa. Mendengar bisikannya di awal gelap adalah nikmat yang lena. Jika kau menuruti, niscaya tak kau dapatkan kedamaian sunyi di penghujung gelap.

#Gelap yang Akhir

Sekali kau mengenalnya, kau ingin bertemunya lagi. Kau candu. Kau rindu. Kau sendu. Kau malu jika sekali saja alpa. Karena di dalamnya ada cahaya yang menyambar-nyambar, mengetuk hati yang meminta isi, mencari pikiran yang menagih janji, menemani jiwa yang haus terobati.

#Sebelum Terbit
Pada ujung-ujung gelap, ketika tak lama lagi raja langit menampilkan mahkotanya, yang kau rasakan hanyalah kerinduan dan penantian panjang akan kembali datangnya waktu-waktu gelap yang akhir, waktu-waktu sebelum cahaya. Atau, kau merasakan penyesalan yang sangat karena telah melewati waktu gelap yang akhir itu tanpa air mata. Di sini, kau masih bahagia karena siapa saja yang berdiri di dalamnya, ia berbeda dengan mereka yang luput bersama kelalaian.


#Ketika Surya Mengambang
Selanjutnya, jika kau menyesali subuhmu, ada penawar yang sama kemanjurannya, sekuat khasiatnya untuk membugarkan ragamu. Dalam hal itu, cukupkan hajatmu dalam kerendahan senyatanya. Namun, hati-hati dengan kabut tipis yang memisahkan jalan lurus dan jurang curam. Kau harus berjalan lurus karena itulah perintah, bukan karena semata-mata ragamu ingin selamat.

#Terang
Semua terlihat: hitam menghalangi dan putih membayangi. Keduanya sama benar dalam dialektika. Hanya ada satu kejururan yang mungkin tak tampak, tidak berarti yang banyak. Atau, semua benda dan bayangannya sama cantik. Tutuplah mata dan pilih satu dengan hatimu.

#Senja
Ketika warna terdistorsi, terdispersi, terpolarisasi ke dalam titik-titik indah berjuta fantasi, percayalah yang kau lihat dengan mata kepala hanyalah ilusi belaka. Dengan segenap cinta, berikan kesempatan pada hatimu lagi untuk menerjemahkan setiap titik warna yang sebenarnya kau butuhkan.

#Malam Kembali
Ada satu bidadari pada masing-masing ujungnya. Mana yang kau pilih?

Subuh, 17 Mei 2011 di kamar pengasingan [kamar no 6 Al Kausar 52]

No comments:

Post a Comment