Thursday, January 26, 2012

Doa

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu rahmat dari sisi-Mu yang dengannya Engkau menunjuki hatiku, menyatukan urusanku, mengumpulkan perkaraku yang tercerai-berai, mengembalikan kesenanganku, memperbaiki agamaku, menjaga batinku, mengangkat amal salehku, menyucikan amalku, memutihkan wajahku, mengilhamkan kebenaran kepadaku, memenuhi hajatku, dan melindungiku dari segala kejahatan.


Ya Allah, sesungguhnya aku memoon kepada-Mu iman yang murni yang mengendalikan hatiku dan keyakinan yang tulis, hingga aku mengetahui bahwa tidak akan menimpaku kecuali apa yang telah Engkau tetaokan atasku, dan jadikanlah aku ridha terhadap apa yang Engkau bagikan untukku.



Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu iman yang tulus dan keyakinan yang tidak ada kekufuran setelahnya. Dan aku memohon kepada-Mu rahmat yang dengannya aku dapat memperoleh karamah-Mu du duni dan akhirat.


Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kesabaran menerima qadha dan keberuntungan saat bertemu dengan-Mu, kedudukan para syuhada, kehidupan orang-orang yang berbahagia, kemenangan atas musuh, dan kehormatan menemani para nabi.


Ya Allah, sesungguhnya aku menyandarkan kepada-Mu hajatku, meskipun akalku lemah dan amalku terbatas. Ddan aku sangat membutuhkan rahmat-Mu. Maka aku memohon kepada-Mu, wahai Pemberi keputusan segala perkara dan wahai Pengobat lara hati, sebagaimana Engkau memisahkan antara lautan yang satu dengan uang lain, lindungilah aku dari siksa neraka yang menyala-nyala, dari jerritan kebinasaan, dan dari siksa kubur.


Ya Allah, adapun apa yang akalku terlalu pendek untuk menggapainya, amalku terlalu lemah untuk merainya, serta tidak dapat dicapai oleh niat dan angan-anganku, di antara kebaikan yang Engkau janjikan kepada hamba-hamba-Mu atau kebaikan yang akan Engkau berikan kepada seorang dari mahluk-Mu, maka sesungguhnya aku mengharapkannya dan memohon kepada-Mu, wahai Tuhan semesta alam.


Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang memberi petunjuk dan diberi petunjuk, bukan orang-orang yang sesat dan bukan pula orang-orang yang menyesatkan. Peperangan bagi musuh-musuh-Mu, dan kedamaian bagi penolong-penolong-Mu. Kami mencintai manusia dengan cinta-Mu, dan kami memusuhi siapa saja di antara mahluk-mahluk-Mu yang menentang-Mu dengan permusuhan-Mu.


Ya Allah, inilah doa, dan Engkaulah yang berwenang untuk mengabulkan. Inilah kemapuan, dan Engkaulah tempat bersandar. Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kepada-Nya kami akan kembali. Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali atas izin Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.


Ya Allah, Pemilik tali yang kuat dan perintah yang bijaksana, aku memohon kepada-Mu perlindungan pada hari ancaman dan surga pada hari kekekalan, bersama orang-orang yang didekatkan, yang bersaksi, yang rukuk, yang sujud, dan yang menepati janji kepada-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Penyayang lagi Maha Pengasih. Dan sesungguhnya Engkau melakukan apa yang Engkau kehendaki. Maha Suci Dzat yang bersifat dengan kemuliaan dan mencintainya. Maha Suci Dzat yang memakai keagungan dan menganugerahkannya. Maha Suci Dzat yang tidak patut tasbih selain untuk-Nya. Maha Suci Dzat yang memiliki karunia dan nikmat. Maha Suci Dzat yang memiliki kekuasaan dan kemurahan. Maha Suci Dzat yang menghitung segala sesuatu dengan pegetahuan-Nya.


Ya Allah, jadikanlah bagiku cahaya dalam hatiku, cahaya dalam kuburku, cahaya dalam pendengaranku, cahaya dalam pandanganku, cahaya pada rambutku, cahaya pada kulitku, cahaya dalam tulangku, cahaya di hadapanku, cahaya di belakangku, cahaya di sebelah kananku, cahaya di sebelah kiriku, cahaya di atasku, dan cahaya di bawahku.


Ya Allah, tambahkanlah bagiku cahaya, berilah aku cahaya, besarkanlah bagiku cahaya, dan jadikanlah bagiku cahaya, dengan rahmat-Mu, wahai yang paling Penyayang di antara para penyayang.


__diambil dari terjemahan kitab "Bidayatul Hidayah" karya Imam Al Ghazali, halaman 87-90.

5 comments:

  1. Doanya begitu tulus, zuhud sekali. Akus simpan ya. :-)

    Imam Ghozali, masih dalam tahap mencari karya-karyanya.

    ReplyDelete
  2. Wah, Vina rajin banget mampir di rumah mayaku. Makasih ya,kasih komen lagi:D

    setidaknya seminggu sekali baca karya2 Beliau.
    klw yang buku ini aku jg pinjem..

    ReplyDelete
  3. Iya. aku selalu penasaran apa cerita dan hikmah Mabruri hari ini... ^^

    Aku jg smpt ingin pinjam teman, tapi diberi buku Jalaludin Rumi. he2.

    ReplyDelete
  4. monggo, Sist Dest (ups). jgn lupa cantumkan sumbernya, bkn blog ini tp lgsung ke bukunya. hehe.

    ReplyDelete