Sunday, January 29, 2012

HWC Week #2: Goal Setting

Hynotic Writing Camp Pertemuan ke-2, Minggu, 22 Januari 2012

D206


Prolognya, hampir saja saya lupa dengan tugas menulis note dan men-tag HWC. Maka, saya mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang menandai saya pada catatannya pagi ini.
Sebenarnya, saya sudah mulai menulis draft catatan ini pada tanggal 23 lalu, yakni sebatas judulnya saja. Namun, entah kenapa saya melupakannya begitu saja.

Pertemuan kedua HWC, Bapak Darmawan Sigit mengisi materi tentang Goal Setting. Tentunya, sasaran yang harus kami buat tidak menyimpang dari sasaran HWC itu sendiri. Sasaran dari HWC ini tidak lain adalah menghasilkan penulis yang mampu berkarya dan mempengaruhi pembaca lewat tulisan. Maka, beliau mengawali penjelasan tentang tulisan yang menghipnosis.

"Hypnowriting: saat tulisanmu membangkitkan imajinasi (gambar, suara, rasa) lalu mempengaruhi pembaca."
Selanjutnya, Bapak Sigit menjelaskan pentingnya menetapkan sasaran dan cara menentukan sasaran.

Sasaran yang baik adalah:
  1. milik diri sendiri,
  2. jelas dan terukur,
  3. ada batas waktu,
  4. menantang,
  5. selaras, dan
  6. tertulis.
Jadi, apa sasaran saya dalam mengikuti HWC ini?

Baiklah. Memang terlihat muluk-muluk (info: kata "muluk-muluk" ini terdapat dalam KBBI) apa yang saya tulis sebagai sasaran saya. Awalnya, motivasi saya mengikuti HWC adalah belajar menulis dan memperluas jaringan sesama calon penulis atau mereka yang suka menulis. Namun, akhirnya saya harus mempunyai sasaran tersendiri yang bersesuaian dengan tujuan diadakannya HWC ini.

Inilah sasaran yang pada hari itu saya tulis:

"Saya menerbitkan novel 'Langit dan Bumi' pada bulan September 2012 melalui penerbit yang ada di Kelompok Penerbitan Mizan."

Sasaran (goal) ini milik saya sendiri, jelas dan dapat diukur oleh teman-teman sekalian. Ada batas waktunya. Nah, mungkin Kawan-kawan bertanya: mengapa terbit bulan September padahal HWC ini selesai dalam 5 pertemuan lagi (sekitar akhir Maret atau awal April 2012)? Iya, itu estimasi saya sendiri. Butuh waktu yang lama untuk proses edit-cetak-terbit sebuah naskah. Estimasi ini berdasarkan pengalaman saya dengan Bentang Pustaka [salah satu penerbit dalam kelompok Mizan] :D.

Berdasarkan timeline yang saya buat, naskah "Langit dan Bumi" selesai pada 21 Maret 2012, dalam format TNR 12 spasi 1,5 sebanyak 120 halaman A4. Mungkin kalau dikonversi ke dalam format standar buku (A5), ini bisa mencapai 180 halaman.

Soal genre? Saya memilih science-fiction (fiksi-sains), sebuah kisah fiksi yang saya jalankan melalui platform pengalaman dan didukung dengan data fakta dan eksakta. #halah. Dan, mungkin Kawan-kawan sudah tahu bidang sains apa yang akan mengisi "Langit dan Bumi". Yap. Kalian benar: ASTRONOMI.

Luar biasa bukan? Iya, dan itu bukan tidak mungkin. Maka, laahaula walaaquwwata illa billah.

Mohon doanya, Kawan!

Minggu, 29 Januari 2012

No comments:

Post a Comment