Monday, April 30, 2012

My Personality, by Online Test

Bahkan untuk mengetahui kepribadian (personality) saja saya butuh bantuan seseorang atau sesuatu di luar diri saya. Ya, karena persona itu topeng. Ketika memakai topeng, saya tidak bisa melihat seperti apa topeng itu. Maka, saya menyetujui pendapat seorang kawan: bahwa kita butuh cermin untuk mengenali diri sendiri. Lalu, saling mencerminkan. Dan alangkah baiknya jika cermin itu memberi nasihat, saran, pujian, maupun kritik, tidak diam saja.

Anyway, inilah hasil tes kepribadian saya dari suatu laman web. Mungkin tidak presisi, tapi begitulah kepribadian; tidak ada alat ukur yang pasti. Tapi ini cukup untuk mengenali saya.

Kepribadian melankolik yang sempurna, sering juga disebut type compliance

sifat utama: introvert, pemikir, dan pesimistik

seorang analitis yang mendalam dan penuh pikiran. serius dan tekun, teratur, cenderung jenius. berbakat dan kreatif, bisa juga artistik dan musikal. menghargai keindahan, keteraturan, filosifis dan puitis. sensitif alias perasa terhadap perasaan orang lain, suka berkorban dan idealis.
  

Profile anda dalam kehidupan pribadi

seseorang yang menetapkan standar yang tinggi, ingin semuanya dikerjakan dengan benar dan rapih. senang dengan keindahan dan kerapihan, baju yang tersetrika rapih, meja kerja dan lemari dan laci bersih teratur. tidak segan untuk mengorbankan keinginan sendiri untuk orang lain, dan senang mendorong orang mengapresiasi kemampuan intelegensi dan optimalisasi bakat. seorang melankolik, sangat hati-hati dalam memilih teman, namun amat setia dan penuh perhatian pada teman dekatnya. senang bergerak di belakang layar, dan menghidari panggung perhatian, tenggelam dalam pekerjaannya sendiri. ia bisa memecahkan masalah orang lain, tanpa banyak bicara. efektif dan efisien. ia memiliki sifat sensitif, memperhatikan orang lain, mencari teman hidup yang ideal. akurasi, data, fakta dan tidak sembarangan adalah nama tengah dari kaum melankolik.

Profil anda di dipekerjaan

cocok untuk pekerjaan yang beroritentasi pada jawdal, teratur dan pengulangan atau yang memerlukan updates berkelanjutan. memiliki tuntutan perfeksionisitk, sesuatu mesti dikerjakan dengan baik, bersih dan rapih. senang akan perincian, gigih dan cermat, menuntut kualitas, tidak bisa menerima pekerjaan yang dikerjakan seadaanya. segala sesuatu mesti tertib, terorganisir teratur, dan bersifat ekonomis. sangat efisien, menyelesaikan semua pekerjaan yang dimulai. tidak bisa menerima selingan canda dalam pekerjaan, semuanya bergerak serius. sanggup menyelesaikan masalah, suka dengan presentasi diagram tables, bagan dan daftar. cocok untuk pekerjaan:
  • ahli riset it
  • analis data
  • akuntan, finance
  • kritikus, auditor
  • inovator

Titik kekuatan

seorang melankolik akan maksimal ditempatkan pada pekerjaan atau profesi yang menuntut kecermatan tinggi, dan situasi yang pasti, atau dapat diramalkan, yang memiliki norma baku yang jelas. ia memiliki kemampuan yang cerdas teliti dan telaten, dan dapat menyelesaikan tugas yang dimulainya. termasuk dalam kategori berpikir serius, dan mengutamakan atau mengharapkan orang berpikir dahulu sebelum memberikan jawaban. namun pekerjaan dengan kondisi yang menuntut improvisasi, keserba daruratan dan chaotic bisa membuatnya stress.

Catatan

meskipun amat setia dan sensitif, kaum melankolik yang sempurna ini bisa menjadi pengingat atau dendam terhadap hal hal yang menyakitkan mereka, dan tanpa disadari, kecenderungan ini bisa membuat mereka tidak maksimal. melankolik dalam cuaca hati yang baik bersikap: hati-hati, penuh perhitungan, tepat, kritis dan formal. namun pada saat sebaliknya, ketika ia sedang stress atau bad mood, ia akan bersikap: kuno, ortodok, kaum tradisional, tidak bisa berubah, tidak menunjukkan gairah apapun, tidak percaya orang, dingin dan kepala batu dan tidak bisa berubah pendiriannya.

Resume profile

  • senang pada situasi yang dapat diramalkan
  • senang dalam situasi yang terkontrol
  • menyukai jaminan keamanan
  • berpikir kritis/mengikuti aturan
  • suka membaca
  • tidak suka perubahan yang mendadak
  • serius dan persisten, tidak ada ruang untuk bercanda.
  • diplomatis/dihormati
  • senang akurasi
__sembari minum teh manis hangat, cangkir kedua.

9 comments:

  1. Kalau Abdul mau menggali lebih dalam lagi tentang personality, aku ada referensi buku bagus. Judulnya "Personality Plus" karya Florence Littaeur. Atau udah punya? Di sini dipaparin jelas tentang 4 macam kepribadian maupun kombinasinya plus kelebihan kekurangan.

    Hasil tesku hampir sama kaya Abdul. Sedikit cerita : Di KAHFI kita diajak bisa masuk ke 4 tipe personality lain, ini tantangan sendiri, ga gampang ternyata, hehehe....tetapi setelah berhasil jadi lebih bisa memahami jalan pikiran orang yang beda-beda.

    Kalau mau, aku ada bukunya:)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Di mata kuliah Etika Profesi kemarin saya juga di test sama dosen saya Vika. Hasilnya Koleris. hehehe...
    Karena masih ga percaya saya juga ikut test online gitu, hasilnya juga sama, koleris...
    #Masa sih saya galak?!(^^)

    Oya, apa kalau kita punya semua kepribadian itu, nantinya tak jadi saling bertentangan?
    Melankolis-Sanguin? Apa mungkin disatukan?

    ReplyDelete
  4. Tertarik buat baca buku itu Vik. Yang penting bukunya ada di sini kan? (bukan di rumah?)

    Bukunya aku pesan buat abis UAS ini Vik (kalau bisa sebelum Vika balik ke Kbm.
    Makasih sebelume,,,

    ReplyDelete
  5. Wow!!! Seorang koleris kaya Vina punya segudang kelebihan, berpotensi jadi pemimpin kelompok dan pengambil keputusa yang cepat.

    Siapa yang bilang galak Vin? hehe...mungkin karena orang koleris cenderung berpikir cepat dan apa adanya, jadi terkesan begitu, beda sama orang melankolis yang cenderung berfikir lama sebelum berekspresi. Masing2 punya kelebihan sendiri :)

    Ada lo temenku yang sango + melow, semua kombinasi itu mungkin, ini yang buat tiap orang unik..

    Mabruri : Biasanya buku-buku yang udah selesai kubaca, tak bawa pulang. Jadi buku itu sekarang di rumah, kalau berkenan menunggu nanti tak bawain, atau ada rencana pulang kampung juga?

    ReplyDelete
  6. lagi-lagi, kalau ada di rumah, ga usah repot2 bawain ke sini.

    ga ada rencana balik sih, tapi denger2 ada jadwal pengarahan yg di majuin, jadi ada libur semingguan lebih.

    ReplyDelete
  7. Wah... pemimpin ya. Dulu cita-cita ada ke arah situ. Tapi sesuai pengalaman, peran ini banyak resiko. Saya bisa nangis sepanjang malam selama seminggu jika saya gagal atau dianggap gagal... Kapok saya.

    ReplyDelete
  8. Asik nih ada psikolog di sini... Minta nomor Hapenya dong Sis...^^

    ReplyDelete
  9. Abdul : Bukunya udah ada di Bintaro Abdul,Personality Plus + Muhammad Penggegam Hujan, aku bawa dalam rangka nyelesain baca juga,

    bisa diambil akhir pekan ini, jumat atau sabtu sekalian....gmn?

    Vina: Ok, kontak via fb y Sis....:)

    ReplyDelete