Tuesday, May 8, 2012

Book of Abdullah: Sebuah Jurnal Seorang Hamba

Laki-laki punya diari? Rasanya gimana gitu ya?

Diari, memang rasanya feminim banget. Jadi, mari kita sebut saja sebagai jurnal. Bukan karena saya mahasiswa Akuntansi yang tiap harinya tidak bisa lepas dari istilah itu. Tetapi 'jurnal' itu sendiri adalah catatan harian. Kemudian kata ini diadopsi ke dalam berbagai disiplin ilmu, bidang, dan bentuk lainnya.

Meski menulis jurnal (catatan harian) di buku secara fisik mengandung makna yang begitu klasik, seringkali kita bosan menulis dengan tangan. Saya sendiri kadang-kadang saja memakai buku fisik untuk menulis jurnal -tapi tetap memakai.

Book of Abdullah (BoA) adalah nama buku jurnal saya. Dalam praktiknya, penggunaannya sama dengan diari: tempat curhat. Tapi, berhubung saya ini laki-laki tulen, terlalu feminim kalau ini disebut sebagai diari. Pokoknya, nama catatan saya itu: Book of Abdullah, yang saat ini sudah berjilid dua (satu jilid berisi satu tahun kalender).

Seperti apa BoA itu? Check this pic out! 
BoA 2 Mei 2012: Tambang Asteroid



Ini adalah aplikasi yang disediakan oleh Microsoft yang termasuk ke dalam keluarga alat-alat kantor. Maksud saya, nama aplikasi ini adalah Microsoft Office OneNote. Umumnya, produk Microsoft keluarga Office yang dipakai hanyalah the big three ini: Ms. Word, Ms. Excel, dan Ms. Power Point.

Dari namanya, sudah jelas peruntukannya: sebagai catatan. Namun, kita jarang menggunakannya. Sayang sekali bukan?



Awalnya saya coba-coba. Eh ternyata mudah banget aplikasinya, terutama untuk catatan harian. Kalau melihat BoA saya ini, di sebelah kiri ada nama buku itu, yaitu: BoA, Jurnal, Quotes, dan BoA II. Khusus untuk BoA dan BoA II adalah sesuai dengan tahun 2011 dan 2012.

Notebook

Sesuai dengan namanya, saya menggunakan fasilitas ini sebagai buku. Fasilitas ini terletak di sebelah kiri. Terlihat di situ berbagai nama buku "diari" yang telah saya tulis.

Section

Section ini saya gunakan untuk mengelompokkan tulisan dalam satu bulan yang sama. Jadi, dalam section ini terdiri atas hari-hari atau tanggal-tanggal yang berisi catatan. Tentu saja, pada nama section saya menggunakan nama-nama bulan.

Page

Ini terletak di sebelah kanan. Fasilitas ini saya gunakan sebagai lembaran "hari" pada "diari". Tidak perlu kita menamai halaman-halaman ini dengan hari atau tanggal saat kita menulis. Ini dikarenakan secara otomatis akan tertera tanggal dan jam saat kita membuat "new page".

Jika kita bosan dengan background yang monoton putih, Ms. OneNote menyediakan template. Kalau saya sih memakai Bamboo, rasanya rindah gitu.

Untungnya lagi, kita tidak perlu melakukan penyimpanan saat kita menulis di halaman-halaman. Hanya sekali kita melakukan penyimpanan, yaitu saat pertama kali membuat "Notebook" ini. Semacam yang terdapat pada Ms. Access.

Selamat mencoba.

1 comment:

  1. Ada-ada saja Mabruri ini... Iya, kita sebut saja 'journal'. :-)

    ReplyDelete