Sunday, March 24, 2013

Yamaha New Xeon RC: Sang Srikandi

"Semua mata tertuju padamu."

Rasanya ungkapan yang biasa digunakan untuk melabeli juara ajang pemilihan ratu kecantikan Indonesia ini cocok benar digunakan untuk menyambut lahirnya ratu baru motor skutik bebek dari rahim Yamaha. Betapa tidak, skubek (skuter bebek) ini menjadi andalan Yamaha demi menjawab tantangan konsumen akan motor matik serbabisa dengan menyematkan banyak keunggulan dan teknologi canngih terbaru.




Kehadiran motor matik di Indonesia tak lepas dari andil Yamaha mendatangkan Nouvo pada 2002. Tentu saja, dengan ini kita harus mengakui kehebatan Yamaha dalam membentuk opini publik bahwa motor matik tidak bisa dipandang sebelah mata dari tipe motor lainnya. Sehingga, sangat layak bagi Yamaha dinobatkan sebagai "Bapak" motor matik. Maka, ahlinya motor matik? Pasti Yamaha.

Bagai Srikandi
Motor matik yang awalnya diperuntukkan bagi wanita, kini koridor itu tidaklah terlalu dihiraukan. Begitu besarnya minat masyarakat Indonesia akan motor matik, diperlukan kehadiran matik yang lebih bertenaga untuk memenuhi hasrat dari kaum pria.  New Xeon RC mengambil peran menjawab peluang ini. Ia bukanlah ratu kecantikan yang lemah gemulai, tapi ialah Sang Srikandi: lembut jiwanya, bertenaga raganya.

Sesuai dengan gelar yang disematkan kepadanya "RC" kependekan dari Racing Champion, Yamaha menyasar kelas skubek 125 sebagai motor matik rasa balap. Selama ini, skutik bebek cenderung dipakai untuk aktivitas harian di kota. Hadirnya Xeon RC memberi tawaran motor skutik dengan performa motor balap, tanpa repot-repot memodifikasi. Bisa jadi, kelas skutik balap (tanpa modifikasi) akan muncul sebagai varian tersendiri dan lagi-lagi Yamaha pemrakarsanya. Yamaha akan semakin di depan dan semakin tak tertandingi; yang lain ketinggalan dan membuntut di belakang (kalaupun bisa membuntut).

Dengan sistem injeksinya yang membuat Xeon RC superirit, saya mengimbau kepada teman-teman untuk tidak menggunakan BBM bersubsidi sebagai minumannya. Motor berteknologi YMJET-FI khas Yamaha ini sudah tentu ramah lingkungan. Nah si pengendara haruslah pula ramah pada negara agar tidak terjadi kebocoran anggaran karena BBM bersubsidi melonjak seperti pada tahun lalu. Malulah, motor performa berkelas tapi diminumi premium. Ibarat kata, kuda sembrani nan indah berseri dikasih ransum rumput teki. Apa kata dunia?

Striping futuristiknya memberi aura kemewahan yang menawan tanpa meninggalkan kesan gesitnya. Ada lima pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera konsumen: Thunder Bolt Blue (perpaduan warna biru dan putih), Victorious Red (warna merah dan putih), Dazzling Black (warna hitam dikombinasikan dengan kuning), Cosmic White (putih dengan oranye) dan Regal Purple (ungu dan putih).

Thunder Bolt Blue
Regal Purple
Cosmic White

Dazzling Black
Victorious Red
Motor skutik yang merupakan versi evolusi dari si pendahulunya Xeon, terinspirasi dari model pesawat tempur F117-Nighthawk, pesawat tempur "siluman" milik AS. Sudah pasti, aerodinamis abis. Lekuk dan sisi-sisi yang tajam memberi kesan ramping tetapi sporty. Mata tajamnya mendukung passion-nya sebagai kendaraan malam. Dan, di balik tampilan menawan Sang Srikandi, bagasinya mampu menampung helm half-face.

Soal keamanan bagi pengendara tidak perlu dikhawatir sama sekali, karena Xeon RC ini dilengkapi dua senjata pengaman pintar, yaitu Smart Side Stand Switch dan Smart Lock System. Smart Side Stand Switch akan mematikan mesin motor jika standar samping terbuka disertai peringatan berupa kedipan indikator pada speedometer sebagai tanda bahwa kunci kontak dalam keadaan ON. Ini menghindarkan kelalaian pengendara dari meninggalkan motor dalam keadaan kunci terpasang. Sedangkan Smart Lock System berfungsi layaknya rem tangan pada mobil, biasanya digunakan saat pengereman dan berhenti pada jalan menanjak atau menurun.

Spesifikasi New Xeon RC
 

Dimensi
P X L X T : 1855 x 700 x 1070 mm
Tinggi tempat duduk : 760 mm
Jarak sumbu roda : 1265 mm
Berat isi : 101 kg
Kapasitas muatan tangki bensin : 3,8 L
Jarak terendah ke tanah : 135 mm

Mesin
Tipe mesin : 4 Langkah 2 Valve SOHC dengan pendingin cairan
Pola pengoperan transmisi : Otomatis
Diameter x Langkah : 52,4 x 57,9 mm
Daya maksimum : 11,4 PS (8,4 kW) / 9000 rpm
Torsi maksimum : 10,4 Nm (1,06 kgfm) / 6000 rpm
Volume silinder : 124,86 cm³
Jumlah/posisi silinder : Cylinder tunggal
Perbandingan kompresi : 10,94 : 1
Sistem starter : Kick starter dan Electric starter
Kapasitas oli mesin : Total 0,9 Liter – Perawatan berkala 0,8 Liter
Sistem bahan bakar : (YMJET-FI) Fuel Injection System
Sistem pelumasan : Basah
Tipe kopling : kopling sentrifugal, Kering
Tipe transmisi : V-belt otomatis
 

Rangka
Tipe : Underbone
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Suspensi Tunggal, Unit Swing
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Tromol
Ban depan : 70/90-14M/C 34P
Ban belakang : 90/80-14M/C 49P
 

Sistem Kelistrikan
Pengapian : TCI (Transistor Control Ignition)
Battery : YTZ5S
Busi : NGK CR7E

Harga New Xeon RC pun lebih karib dengan kantong konsumen. Price to performance: harga menyesuaikan dengan performa. Segala kehebatan Yamaha Xeon RC tersebut dapat diboyong hanya dengan mahar senilai Rp15.100.000 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Brand Ambassadors

Kepulangan Valentino Rossi ke Yamaha akan sangat membawa dampak positif bagi penjualan motor Yamaha. Tentu, kembalinya the Doctor menjadi jaminan kualitas bahwa Yamaha memang "sesuatu", bahkan bagi pebalap sekaliber VR46. Kharisma VR46 diyakini mampu menyihir fans fanatiknya mengikuti style idolanya, termasuk soal kendaraan. Duetnya dengan sang juara dunia MotoGP tahun lalu, Jorge Lorenzo, bagaikan dwitunggal proklamator Indonesia saja. Seorang legenda hidup yang dicintai fansnya berpasangan dengan pebalap muda berbakat yang telah terbukti kehandalannya. Keduanya adalah brand ambassadors dunia yang nge-klik banget. Khusus di Indonesia, Ariel NOAH menjadi ikon anak muda yang tetap dinanti. Maka, tinggal menunggu waktu Yamaha akan merajai penjualan motor di Indonesia.

Tak berlebian jika Yamaha mengklaim New Xeon RC sebagai sepeda motor yang keren, cepat, dan canggih. Dan, secara keseluruhan, saya memberikan kepercayaan kepada Yamaha New Xeon RC sebagai The Real Champion!

Jadi, masih ragu untuk meminang Sang Srikandi? Mending ke laut aje!

Salam sayang dari Taman Inspirasi,
@elmabruri


Sumber: dari berbagai sumber

1 comment: