Friday, May 30, 2014

Bike to Work: Polygon Heist 1.0

Jika seseorang akan membeli sepeda dan tidak tahu jenis apa yang diinginkan, ia akan secara otomatis membeli jenis sepeda mountain bike (MTB). Tidak peduli sepeda itu akan digunakan di jalan raya. Tapi sebenarnya itu tidak terlalu penting. Toh, ada beberapa tipe sepeda MTB. Dua di antaranya: all mountain dan cross country.
Mejeng di pintu masuk FLONA 2014, Lapangan Banteng (doc pribadi)


Sebelum sampai pada pilihan jenis dan tipe sepeda, rasanya perlu disebutkan mengapa saya memilih bike to work. Antara lain: eco-green lifestyle, health inside-fresh outside, hemat-cermat-bersahaja, free parking, dll. Terlampau banyak kebaikan yang bisa didapat dan disebarkan dari aktivitas bike to work.

Merasa punya pengetahuan yang cukup tentang tipe sepeda, saya tahu apa yang saya inginkan: sepeda jenis roadbike (di Indonesia disebut sepeda balap). Untuk keperluan commuting, lebih baik menggunakan stang datar, bukan drop bar sebagaimana sepeda balap murni. Jadilah spesifikasi global sepeda yang saya harapkan adalah roadbike flatbar alias sepeda balap stang datar. Dari spesifikasi tersebut, ditambah persyaratan harga murah, sepeda yang masuk kualifikasi adalah United Felipe dan Polygon Helios F100. Itu pun masih dengan catatan tambahan: keduanya tidak beli baru alias second.

Akan tetapi, setelah memohon izin Ibunda, pagu anggaran yang disetujui tidak memungkinkan untuk membeli roadbike termurah tersebut. Dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi mikro, kapasitas fiskal, resource envelope, dan inflasi (halah), akhirnya saya sepakat dengan Ibunda soal pembatasan anggaran untuk pengadaan barang berupa kendaraan dua roda bernama sepeda kayuh. Dan pilihan hatiku (otak juga) jatuh kepada Polygon Heist 1.0. It's good enough, for me. The best malah.... karena:

Hybrid bike
Hybrid bike secara sederhana berarti sepeda kawin-campur antara MTB dan roadbike. Frame (rangka) seperti yang digunakan oleh MTB sedangkan roda mengikuti gaya pemakaian roadbike dengan ban lebih gambot dan agak kasar. Jenis sepeda ini merupakan pilihan alternatif bagi para pemimpi roadbike dengan budget cekak.

Fungsionalitas
Polygon secara resmi memasukkan seri Heist ke dalam kategori urbanbike, atau sepeda perkotaan. Maka jelas fungsinya, bersepeda di kota-kota ajah. Antara lain memang digunakan untuk jalan santai di perkotaan, berangkat-pulang kerja, agak ngebut saat car free day. Cocok sekali dipakai di jalanan ibukota yang masih terdapat sedikit lubang-lubang dan polisi tidur. Dengan ukuran ban 700X40C, sepeda ini memungkinkan melewati lebih banyak medan daripada ban 700X23C yang biasanya dipakai roadbike.

Simple-Elegant
Lihat saja desainnya!
Polygon Heist 1.0 2013 (polygonbikes.com)


Merakyat
Masih berkaitan dengan kesimpelan dan kesederhanaannya, sepeda ini masih cukup biasa ketika melenggang di jalanan ibu kota, begitu pun jika dibawa blusukan ke perkampungan padat penduduk di sekitaran ibu kota. Tentu tidak beretika ketika menunggangi sepeda balap seharga sepeda motor di sekitar kaum marginal Jakarta--karena saya memcoba untuk sering berjalan-jalan di antara mereka untuk mengingatkan diri untuk bersyukur meski belum mampu membantu secara langsung.

Mudah Dimodifikasi
Sebagai sepeda blasteran, Heist bisa dimodif menjadi sepeda touring, sepeda balap, maupun sepeda gunung. Contohnya seperti berikut ini:
1) Heist 1.0 modif roadbike flatbar (kaskus)
2) Heist 1.0 modif touring (touring)



3) Heist 1.0 modif roadbike flatbar (kaskus)

4) Heist 4.0 modif roadbike flatbar (kaskus)

5) Heist 4.0 modif touring (kaskus)
6) Heist 5.0 modif touring (kaskus)




Sudah terang, rencana saya memodif Heist 1.0 2013 putih-biru menuju roadbike flatbar, khususnya seperti pada gambar 3). Daftar parts/accessories yang diperlukan antara lain: handle stem alloy 60mm, rim 700C 32H AV CNC double wall, tire 700X20-23C, dan memperpendek handlebar jadi 540mm dari 640mm (insyaAllah).

Salam,
-ΛM-

2 comments:

  1. Flona.. Sekarang Mabruri di Jakarta?
    Oiyah, ini dari foto Mabruri. Bagus banget. Aku jadi pengen gambarnya.
    https://plus.google.com/u/0/114278468991785875459/posts

    ReplyDelete
  2. wacana yang menarik, makasih gan untuk infonya (lagi galau milih felipe atau heist)

    ReplyDelete