Tuesday, July 22, 2014

25 Tahun

Mungkin kamu tak ada di sini ketika nasihat baik ini diwejangkan oleh guru kita. Atau bisa jadi kamu di sini, tapi aku tak tahu yang mana dirimu. Atau juga kamu melihatnya lewat TV, jika tempat tinggalmu memakai antena parabola. Jadi, mari kuanggap kamu belum tahu. Maka, bacalah catatan ringkas ini tentang Kajian Bulanan Bersama Ustadz Yusuf Mansyur di masjid Istiqlal pada hari Minggu 20 Juli 2014 berikut ini.

Jika setiap hari kita menghafal satu baris al Quran, maka pada 25 tahun mendatang kita sudah menjadi hafidz/hafidzah al Quran.

Al Quran terdiri dari 604 halaman. Pada halaman normal tanpa pembatas surat dan tulisan basmalah, ada 15 baris per halaman. Seluruhnya ada 15*604=9060 baris. Dengan kecepatan menghafal satu baris per hari, Al Quran bisa dihafal dalam waktu 9060/365=24,82 tahun.

"Bagi yang belum menikah, saya doakan semoga dipertemukan dengan jodoh yang sama-sama mempunyai niat untuk menghafalkan al Quran, meski baru akan dimulai sama-sama ketika menikah. Menjadikan pasangannya sebagai partner menghafal."

Ya, #akusihrapopo kalau butuh waktu 25 tahun untuk menghafal. Bagaimanapun, itu adalah ibadah seumur hidup. Tidak akan ada kata berhenti untuk menghafal, karena menghafal bukanlah hasil, tapi proses. Terus-menerus. Selalu.

Dua puluh lima tahun. Waktu yang sangat tidak singkat. Jika baru akan dimulai sekarang, maka umur mendekati 50 tahun baru selesai mengulang-ulang 604 halaman itu; seluruhnya. Sudah sangat tua? Itu tidaklah penting. Belum tentu juga umur sampai bilangan segitu.

Sekarang umurmu berapa? Mendekati 24 dan seharusnya, paling tidak, sudah 80% yang kau hafal. Nyatanya?

Memang, waktu terbaik untuk memulai adalah long-long time ago. Waktu terbaik kedua adalah hari ini; sekarang!

Salam,

-ΛM-

1 comment: