Thursday, September 4, 2014

Berhening di Jakarta

Kehadiranku di suatu tempat hampir-hampir tidak mempengaruhi apapun. Tidak merusak; tidak memperbaiki. Seperti gas kentut di angin badai, seperti cahaya lilin di siang hari, seperti gerimis ringan di malam pekat, seperti Bumi di hadapan Galaksi Bimasakti: nyaris tak berpengaruh.

Mejeng di Suaka Margasatwa Muara Angke [SMMA] (dokumen pribadi)


Baru-baru ini saya telah menyelesaikan pembacaan buku "Bulan Terbelah di Langit Amerika", sebuah buku perjalanan yang memukau. Mungkin ada unsur fiktif yang memoles fakta-fakta yang ada --saya cenderung percaya saja apa yang dikatakan penulisnya. Apa yang saya tahu adalah bahwa perjalanan selalu memberikan pelajaran. Nah, apakah harus perjalanan yang outstanding semacam yang dialami kedua penulis buku itu agar suatu perjalanan mampu memberi dampak siginifikan bagi perbaikan kehidupan seseorang?

Saya bukanlah orang yang mempunyai pengalaman perjalanan macam itu. Paling-paling hanya bersepeda di sudut sempit Jakarta, berjalan-jalan di gang-gang sempit di pemukiman padat, dan sejenisnya. Saya bisa mengatakan bahwa ini adalah semacam perjalanan ke dalam diri sendiri. Mengheningkan diri dari keramaian lampu kota.

InsyaAllah akhir pekan ini saya berencana mendaki Puncak Bogor dengan sepeda (inginnya sih pake Polygon Helios F100) via Bukit Pelangi. Sebuah perjalanan biasa sebagaimana banyak dijumpai orang-orang Jakarta menepi ke Bogor pada akhir pekan. Perjalanan yang biasa ini akan saya lakukan --menurut saya-- dengan cara yang luara biasa, dalam artian seorang awam. Bersepeda dari Jakarta ke Puncak barangkali sudah biasa dilakukan para pesepeda. Tapi bagi saya, ini tetap luar biasa. Ah, nanti saja berkata-katanya kalau sudah nyata pelaksanaannya.
Arah Timur dari Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan, Gadog-Bogor (dok. pribadi)

Pagi Menuju SMMA (dok. pribadi)

Kereta dari Arah Tanah Abang (dok. pribadi)

Dari Atas Menara Pengawas SMMA (dok. pribadi)

SMMA (dok. pribadoi)

2 comments:

  1. gimana ya caranya bawa 2 sepeda. makanya mainlah ke sini..

    ReplyDelete