Friday, June 5, 2015

Sudut Pandang

Tahukah kamu bahwa purnama sebenarnya mempunyai setengah sisi gelap yang tak terlihat? Bulan sungguh tak bermaksud menyimpan wajah gelapnya, tapi dia memang sedang menghadapkan keceriaan daripada kemurungannya. Sesungguhnya, Bulan mempunyai setengah sisi terang dan setengah sisi gelap. Tinggal darimana kita melihatnya, atau bagaimana dia memperlihatkan diri.

Iya, kamu pasti sudah tahu.



Setiap benda yang tak bercahaya, ia pasti memiliki bayangan yang dimulai dari sisi gelapnya. Hanya ada dua pilihan bagi benda agar tidak memiliki bayangan: ia bercahaya atau ia berada di kegelapan itu sendiri (bayangan benda lain).

Aku jelas tak bercahaya karena --paling tidak-- aku tak punya kemampuan memfusikan hidrogen. Boro-boro, hidrogen dalam jumlah melimpah pun tak punya. Paling yang bisa dilakukan manusia adalah bersinar, itu pun karena memantulkan cahaya. Tergantung albedonya. Albedo tuh kemampuan benda memantulkan cahaya. Kapan-kapan deh kutuliskan di blog ini. Yang jelas, kalau manusia itu bisa terlihat, berarti ia dapat memantulkan cahaya, atau cahaya yang sampai kepadanya tidak diserap seluruhnya.

--kok jadi ngelantur?

namanya juga nulis random.

Salam,
-ΛM-

No comments:

Post a Comment