Wednesday, September 21, 2016

Tiga Hobi

Find three hobbies you love:
One to make you money
One to keep you in shape
And one to be creative
-anonim, sepertinya
Jika harus menyebutkan tiga hobi sebagaimana kutipan di atas, saya merasa harus melekatkan tiga hal ini dengan diri saya: keuangan, bersepeda, dan menulis.

Keuangan
Ini terkait dengan pekerjaan saya di masa kini: keuangan negara. Dan kuliah saya sekarang: Manajemen dengan konsentrasi Keuangan. Tentunya ini tidak cukup pas untuk menggambarkan 'one to make you money'. Tidak bisa dikatakan bahwa hobi saya dapat mencipkatan penghasilan, melainkan saya harus menjadikan pekerjaan sebagai kesenangan. Di masa depan? Saya mulai mempertimbangkan untuk fokus pada Keuangan Syariah atau Ekonomi Syariah.

Bersepeda
Menjadi pesepeda kelas penggemar, mungkin agak tanggung ya. Hanya sebagai olahraga yang menyenangkan. Sebab, sebagai hobi, bersepeda itu bisa sangat mahal dibanding olahraga hobi lain seperti futsal dan olahraga permainan sejenis. Terutama untuk jenis sepeda roadbike yang mana orang-orangnya bisa maniak dan fanatik. Mereka memiliki mileage yang sangat tinggi. Target persepedaan dalam seminggu sih 100km atau 4 jam. Biasanya yang tercapai itu 4 jamnya tanpa mencakup 100km.

Ngomong-ngomong, saya sudah berhenti main bola karena cedera lutut. Ini adalah hobi yang biasa diminati anak muda. Tapi bermain bola sepak memang ada batasnya. Saya berhenti di usia 25 tahun dan it's fine by me. Kadang merasa ngilu (apa ini?) ketika diajak futsal jumat pagi. Hasrat ini masih menderu mendengar ajakan main bola. Tapi akhirnya terbiasa tanpa cinta menolak ajakan itu. Melalui komtemplasi logika (apalagi ini?), saya sepakat bahwa bersepeda adalah olahraga hobi yang bisa ditekuni sampai tua, dan saya telah memulainya sebelum terlambat. Sebelum  masuk TK, saya sudah bisa membonceng seorang gadis kecil teman sepermainan. Aiiihhhh.

Menulis
Apakah menulis membuat orang jadi kreatif? Entahlah. Mungkin tergantung menulisnya apa. Semacam prosa dan puisi kan seni sastra. Harusnya masuk kategori kreatif. Tapi bisa juga yang lain. Tergantung cara menyampaikan kali ya. Kalau cuma ngrblog macam gini? Bagus kok.... dan semoga jadi kreatif ya..

Mungkin idealnya memang bisa mengumpulkan 'to make you money', 'to keep you in shape', dan 'to be creative' dengan satu hobi saja. Tidak pun tak mengapa. Apalagi saya ini yang juga suka langit malam, bintang, dan kamu. Iya, saya juga harus suka kamu, meski kamu bukan hobi sih.

Jadi, apa hobimu?

Tabik
-ΛM-

No comments:

Post a Comment