Monday, August 31, 2020

Limun

Tiba-tiba yang ditawarkan adalah karir--potensi lompatan karir, masih potensi. Sebenernya ya gak terlalu dini juga. Urutannya pas: selesai sekolah, penyesuaian pangkat, kesempatan ikut seleksi jabatan fungsional, lanjut sekolah. Di antara semua itu, harusnya, bisa kali disisipi dengan lompatan lamin.

Pecaya gak, kalau satu action kita mungkin mempengaruhi timeline kehidupan kita dan mungkin dunia? Bisa jadi. Pilihan antara di rumah aja atau bepergian, bepergian dengan mobil, kereta, atau pesawat. Keputusan-keputusan ini mungkin akan mengubah takdir mikro dan, walaupun tidak ada hubungan langsung, mungkin mempengaruhi takdir makro global.

Misalnya, seorang WNI berwisata atau tidak ke China, atau negara lain, pada tahun baru Masehi maupun Imlek tahun ini. Atau, seseorang yang tertinggal pesawat padahal harusnya dia duduk di samping orang mungkin jadi teman perjalanan hidupnya. Atau gini deh: Gue minta tolong Mas OB buat membeli gado-gado di depan masjid At Taibin, yang dengannya si penjual menyedekahkan 10ribu dari penghasilannya hari itu untuk seorang pemulung, lalu pemulung itu jadi punya uang untuk naik Metromini 47 dari Terminal Pasar Senen ke Pondok Kopi, tapi turun di Rawamangun dan ketika turun si Sopir melihat dari spion dengan kurang hati-hati lalu si bus merah biru ini menyenggol penjual es Doger. Terjadi sedikit keributan sehingga seolah-olah hidup berhenti 35 menit hanya untuk adu mulut dan dongkol antara orang-orang yang biasa nongkrong di seberang Arion dan Pak Ogah dan teman-temannya. Orang-orang +62 penasaran ingin melihat keramaian dan kerumunan. Lalu macet beberapa menit di Jalan Pemuda. Termasuk di Jalan itu ada Daihatsu Calya-nya babang driver Grab membawa penumpang buru-buru, tinggal dikit lagi belok kanan ke Jalan Ahmad Yani lalu naik Tol Dalam Kota arah Priuk, tapi terhambat. Akhirnya Daihatsu Sigra putih itu baru masuk ke drop-off penumpang Terminal 2 ketika panggilan terakhir Batik Air tujuan Denpasar sedang diumumkan.

Kalau belum dikasih lamin, ya bolehlah bikin limun dari lemon dulu.

No comments:

Post a Comment